5 Bahan Makanan Tahan Lama yang Bisa Jadi Stok di Rumah

Diposting 09 Jul 2020

5 Bahan Makanan Tahan Lama yang Bisa Jadi Stok di Rumah

1. Buah Kering

foto dok : frutasabacr.com

Sejak zaman dulu, sudah ada buah kering yang jadi salah satu bahan makanan yang tahan lama. Di Negara Timur Tengah bahkan teknik mengeringkan buah ini sudah dikenal sejak 5000 tahun yang lalu. Namun sebenarnya orang Indonesia juga sudah punya tradisi mengeringkan buah yaitu dengan membuatnya menjadi manisan buah. Apalagi sebagai negara tropis, ada beberapa buah yang melimpah jumlahnya saat sedang musim seperti mangga dan durian. Berbagai jenis buah ini meski dikeringkan namun tetap tidak menghilangkan kandungan nutrisinya lho .

Buah kering yang bisa jadi stok makanan di rumah misalnya nanas, anggur, mangga, kurma dan berbagai jenis buah berakhiran berry, seperti strawberry dan blueberry yang kaya kandungan antioksidan. Meski jenis buah kering seratnya tidak terlalu tinggi dibandingkan buah segar . Namun soal nutrisi vitamin dan mineral, buah kering tetap tinggi lho. Makanya bisa banget untuk jadi stok makanan di rumah. Untuk buah kering atau manisan, punya lho Manisan Manalagi dan Manggo Strip yang bisa jadi sumber vitamin C.

2. Umbi-Umbian

foto dok : todayline

Beruntungnya sebagai orang Indonesia yang sejak dulu sudah sering makan umbi-umbian seperti ubi dan singkong sebagai pengganti nasi. Sehingga berbagai jenis umbi-umbian seperti kentang juga rasanya sudah tidak asing di lidah. Umbi-umbian ini termasuk yang tahan lama untuk jadi stock makanan lho , namun perlu diperhatikan juga agar tidak menyimpannya di tempat yang lembab. Selain itu bisa dijemur agar tahan lama.

Oh ya berbagai jenis umbi seperti singkong, ubi, dan kentang bisa diolah jadi makanan dan kudapan yang enak. Misalnya ubi cukup dikukus saja sudah enak dengan cita rasa manis aslinya dan kalau bosan bisa dijadikan kolak ubi dengan kuah yang berpadu santan kental. Sementara singkong dapat juga dikukus dan digoreng lalu ditaburi parutan keju yang gurih. Sementara kentang bisa menjadi pengganti nasi dengan membuatnya menjadi mashed potato yang dicampur cream dan daun parsley. Berbagai jenis camilan dari bahan singkong, ubi dan kentang yang hadir dalam beragam rasa juga enak lho buat jadi stock camilan di rumah. Makanya langsung cek aja di website .

Baca Juga : 12 Tempat Makan Legendaris Kulineran di Jakarta 

3. Kacang-Kacangan

foto dok : .com

Kacang-kacangan termasuk bahan makanan yang awet untuk disimpan lama dan bisa dijadikan stok makanan di rumah lho . Berbagai jenis kacang-kacangan yang kaya akan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa olah kembali. Misalnya kacang hijau yang dapat dijadikan bubur kacang hijau untuk sarapan atau dessert di sore hari. Selain itu berbagai jenis kacang-kacangan mentah bisa dibuat menjadi susu. Misalnya kacang mete dan kacang almond yang kaca akan serat, vitamin B2 dan vitamin E serta lemak tak jenuh. Oh ya kandungan antioksidan yang ada pada kacang almond akan meningkatkan kesehatan jantung dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kalau buat camilan, kacang mete dan kacang hijau sekarang makin variatif. bahkan bisa menemukan camilan kacang hijau gurih yang dipadu telur dan tepung. Namun seberanya kalau mau camilan yang sehat, bisa memiliki jenis kacang almond atau kacang mete panggang yang cita rasa aslinya sudah gurih. Seperti Kacang Mete yang hadir dalam 2 pilihan rasa, begitu kaya akan vitamin K, vitamin E, folat, vitamin B, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc dan zat besi yang membuatnya tak hanya sebagai camilan biasa. 

4. Frozen Food

foto dok : tempo

Frozen food jadi salah satu bahan makanan yang tahan lama bukan rahasia lagi . Namun kalau mendengar kata frozen food sebagian orang pasti akan mengira bahwa jenis makanan ini kurang sehat karena disimpan lama dalam suhu rendah. Padahal sebenarnya frozen food saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi pengolahan pangan yang memungkinkan nutrisi maupun kandungan gizinya tetap terjaga lho . Selain itu ada juga produsen pengolahan frozen food yang memilah bahan lebih teliti dengan tidak menambahkan MSG maupun pengawet. Jadi jangan salah sangka dulu sama frozen food namun sebaiknya sebelum membeli Omiyagies perhatikan dulu keterangan kandungan bahannya apakah menambahkan pengawet maupun MSG.

Frozen food yang saat ini kita kenal biasanya berupa olahan daging seperti sosis  dan smoked beef. Padahal nih banyak lho makanan tradisional asli Indonesia yang juga dijadiin frozen food sehingga bisa tahan lama dan bisa dikonsumsi kapan saja. Misalnya kalau di ada Pempek Palembang dan Rujak Cireng yang bisa banget jadi stok makanan di rumah. Jadi enggak khawatir lagi nih kalau tiba-tiba ngidam makan Pempek atau Cireng. Bisa langsung ke web dan tinggal pesan.

Baca Juga : 7 Wisata Pantai di Belitung yang Menawarkan Pesona Eksotis

5. Ikan Kaleng

foto dok : .com

Sumber protein hewani dari makanan yang berasal dari ikan penting banget lho buat variasi menu sehari-hari. Berbagai jenis ikan juga saat ini banyak dikemas menjadi ikan kaleng sehingga tahan lama dan bisa jadi stok makanan di rumah. Umumnya mengenal jenis ikan sarden yang enak disajikan bersama bumbu tumisan bawang putih serta ditambahkan irisan cabai dan saus tomat. Namun sesekali juga bisa membeli ikan tuna kaleng yang juga bisa disimpan lama dan rasanya mungkin lebih cocok di lidah .

Selain dikemas dalam bentuk kaleng, ada juga lho ikan khas dari perairan Indonesia yang akhirnya dipadu dengan sambal. Seperti ikan cakalang dan ikan roa yang khas Manado, keduanya enak banget dijadikan menu sambal ikan cakalang dan sambal ikan roa yang dikemas dalam kaleng maupun kemasan botol plastik. Praktis dan bisa dibawa ke mana pun saat berpergian, olahan ikan kaleng maupun siap menjadi lauk .

Nah, sekarang sudah enggak bingung lagi mau makan apa karena di rumah punya banyak stok makanan. Mulai dari buah kering, umbi-umbian, kacang-kacangan, frozen food, sampai ikan kaleng yang awet dan bisa disimpan lama di rumah. Beberapa jenis makanan tadi juga bisa lho beli di . Tanpa repot keluar rumah, cukup buka melalui ponsel dan tinggal klik saja. Mudah banget ya! Langsung aja yuk pesan!