14 Titik Pos Penyekatan Pemudik di Jalur Selatan Jawa

Diposting 16 Apr 2021

14 Titik Pos Penyekatan Pemudik di Jalur Selatan Jawa

Polisi menyiapkan pos penyekatan pemudik di jalur selatan Pulau Jawa. Jalur selatan membentang dari Jawa Barat hingga Jawa Timur.

"Hari ini kita cek ya pantauan jalur selatan dan jalur selatan-selatan. Ini jalur penting dari Tasikmalaya, Ciamis, sampai Banjar, sampai Majenang," kata Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

"Kesiapan dari teman-teman Kapolres Tasik, Ciamis, dan Banjar sudah all out sudah bagus sekali dan tinggal sekarang me-manage aja," sambung dia.

"Ya, sanksi operasi (penyekatan) ini adalah operasi kemanusiaan. Jadi tindakan kita tetap persuasif humanis. Tindakan sanksi hukum hanya putar balik arah saja dan kita mengandalkan kesadaran masyarakat untuk tidak mudik," ucapnyaIstiono menyebut personel kepolisian pada 6-17 Mei 2021 akan bersiaga di empat jalur, yakni pantai utara Jawa, pantai selatan Jawa, jalur tengah, dan jalur tikus. Dia memastikan personel berjaga 24 jam dengan pembagian 3 shift jaga.

Seperti diketahui Korlantas Polri telah menyiapkan 333 titik penyekatan pemudik dari Lampung sampai Bali untuk menghalau masyarakat mudik lebaran. Dipaparkan sebelumnya, pos penyekatan didirikan 8 di Lampung, 16 di Banten, 8 di DKI Jakarta dan sekitarnya, 132 di Jawa Barat, 149 di Jawa Tengah, 7 di Jawa Timur, serta 3 di Bali.

Berikut ini titik-titik penyekatan pemudik yang didirikan di sepanjang jalur pantai selatan Jawa:

1. Gunung Putri, Kabupaten Bogor
2. Cileungsi, Kabupaten Bogor
3. Gunung Butak, Palabuhanratu, Sukabumi
4. Cileunyi
5. Tasik
6. Pertigaan Pancimas Kalipucang, Ciamis
7. Cijolang, Banjar

8. Patimuan, Cilacap
9. Mergo, Cilacap
10. Wanareja, Cilacap
11. Bagelen, Purworejo
12. Salam, Magelang
13. Nambangan, Wonogiri
14. Perbatasan Pacitan, Donorojo-Wonogiri